13 May, 2012

Penuaan Dini

Proses penuaan adalah proses alamiah yang terjadi pada seluruh tubuh kita termasuk pada kulit. Proses penuaan secara alamiah yang biasa dikenal dengan istilah penuaan intrinsik secara garis besar disebabkan oleh faktor genetik, sementara penuaan ekstrinsik disebabkan oleh karena kulit yang terkena faktor lingkungan seperti radiasi sinar matahari, polusi, dan asap rokok yang menyebabkan pembentukan radikal bebas.

Penuaan ekstrinsik adalah faktor penting dalam proses penuaan kulit. Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang relatif tampak lebih tua pada usia 30 tahun. Beberapa gejala penuaan kulit yang dapat diakibatkan oleh kerusakan jaringan dari pengaruh radikal bebas adalah:
  1. Kulit kering, kasar dan bersisik
  2. Kulit kendur dengan kerutan dan lipatan kulit yang nyata, dimana terdapat menurunnya jumlah pembentukan serat kolagen (fibroblas), tulang dan otot mengalami atrofi, jaringan lemak subkutan berkurang serta pengaruh kontraksi otot-otot mimik yang tidak diikuti oleh kulit, sehingga tampak alur kulit pada wajah terutama sekitar mata, mulut dan dahi.
  3. Bercak pigmen yang tidak merata pada permukaan kulit dan timbul melasma, efelid, lentigo dan sebagainya.
  4. Proliferasi jinak pada kulit seperti penebalan kulit. Banyak orang tidak menyadari bahwa penuaan dini bukan merupakan akibat langsung dari pertambahan usia. Ini adalah hasil akhir akumulasi aktivitas seseorang di bawah sinar matahari dan aktivitas yang menyebabkan radikal bebas serta tindakan apa yang mereka lakukan atau tidak lakukan untuk mengatasi hal tersebut.
Kabar baiknya, ada beberapa langkah dapat kita lakukan untuk membantu melindungi kulit kita dan menjaga kondisi kulit dalam kondisi terbaik. Langkah-langkah tersebut tidak selalu mencakup bedah kosmetik atau prosedur kosmetik yang mahal. 
Tips untuk mencegah penuaan dini:
  • Hindari matahari antara jam 10 pagi dan 4 sore ketika sinar matahari paling terik
  • Gunakan tabir surya dengan spektrum luas terhadap UVA dan UVB sebelum terkena sinar matahari dan mengulangnya beberapa jam kemudian. Penting untuk diingat bahwa perlindungan tabir surya sebaiknya tetap digunakan walalupun cuaca mendung karena sinar matahari tetap dapat memberikan dampak buruk terhadap kulit
  • Gunakan perlindungan fisik seperti baju lengan panjang, topi, payung untuk melindungi dari sinar matahari secara langsung
  • Hindari berjemur dan tanning atau penggelapan kulit karena dapat mempercepat proses photoaging dan dapat meningkatkan risiko kanker kulit
  • Gunakan produk skin care yang tepat untuk peremajaan dan perawatan kulit


                                                                                                     dr. Astrid L. Harianto Sp.KK., M.Kes